Selamat ulangtahun mama

20 Jan 2014

Siapa bilang menjadi seorang ibu itu mudah?

Bukan sekedar merasakan mual - mual di masa hamil tiga bulan pertama, memuntahkan semua makanan yang bisa kau telan atau saat kamu berjalan lambat melewati penjual durian yang sangat menggiurkan tapi kau harus memaksa diri untuk tidak menggubrisnya, belum lagi soal sakit perut, pinggul, kaki, pinggang dsb yang kehadirannya bukan untuk diobati malah untuk disyukuri karena itu berarti si bayi sedang berkembang, yah itu masih apa yang bisa kurasakan saat ini sebentar mungkin aku akan menggambarkan kondisi sulitnya melahirkan dan mengurus anak dan hal lainnya yang berkaitan dengan itu kemudian aku harus mengalikan 6 untuk semuanya itu. Ohh.. Tidak sepertinya aku tidak akan sanggup!

Hanya ada satu wanita yang kukenal yang mampu menghadapi semuanya, adalah seorang ibu yang kemarin merayakan ulangtahunnya ke 55 yang sudah mengandung, mengurus dan membesarkan monster kami yang kau harus tahu kami bukan tipe anak - anak yang mudah untuk ditakhlukkan, dengan 6 variasi kenakalan berbeda dan tingkat keras kepala yang sama pasti tidak mudah untuk tetap menyayangi semua kami, belum lagi harus menghadapi hari - hari yang penuh pertengkaran khas anak - anak dimasa dimana kau sedang panik mencari uang untuk memberi anak - anak nakal itu makanan dan pendidikan berkualitas.

Sekarang aku suka membayangkan momen dimana aku pernah membantah perkataan wanita itu, juga saat aku mengambil tanpa permisi uang yang dengan berhemat sudah dikumpulkannya mungkin untuk membayar tagihan atau kebutuhan rumahtangga apa hanya untuk jajan dan beli barang - barang yang sebenarnya tidak benar - benar kubutuhkan, kemudian aku juga ingat saat aku membentaknya dikala aku merasa dia sudah memaksaku melakukan apa yang tidak kusukai dan banyak hal lain lagi yang membuatku selalu merasa ingin berkata ‘arghhhhhhh….’ Setiap kali mengingatnya.

Dia adalah ibuku, di tubuhnya aku pernah tinggal selama kurang kebih 9 bulan, yang kutahu bagi dia sampai hampir 29 tahun ini aku sudah hidup di dunia aku masih tinggal di hati dan pikirannya, dia tak pernah lepas tangan terhadapku meski waktu sudah menggiringku ke fase yang sama dengan dia. Selalu saja dia masih menjadi ibu yang sama dengan yang dahulu.

Kau tahu kan, setiap kita dilahirkan di dunia ini untuk menjalani peran kita masing - masing, dengan otoritasNya yang mutlak Tuhan menentukan kita menjadi anak siapa, saudara siapa dan kelak istri/suami bahkan suami siapa… Kita menjalani semua itu sebagaimana rencana dan tujuan Sang pencipta itu, yang baru - baru ini aku makin sadari tidak ada yang lebih baik dari itu.

uhm… Bagaimana ya aku mengatakannya? Pokok’e tidak ada satu pun wanita di dunia ini yang dapat menjalankan peranan sebagai ibuku sebaik mama. Cuma mama yang pas untuk menjadi ibu bagi kami baik dalam kelebihan dan kekurangan mama sebagai manusia. Berharap kelak bisa mendapatkan apresiasi yang sama dari anak - anak yang kulahirkan meski tentu saja aku tidak boleh mencontoh 100% apa yang mama telah lakukan (hahhahaaTetap saja merasa lebih pintar dr si ibu)

Selamat ulangtahun mama, semoga Tuhan memperpanjang tahun - tahun hidupmu dalam keadaan sehat, damai sejahtera dan bersukacita melihat kami anak - anakmu dan juga cucu - cucumu. Semoga kami dimampukan memberikan cinta sebanyak - banyaknya sampai mama selalu bersyukur sudah melahirkan dan membesarkan kami. We love you mama. God bless


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post