Cerita tentang pintu kulkas (susahnya mengubah kebiasaan)

24 May 2013

Suatu sore kira- kira seminggu yang lalu saat aku sedang memasak makan malam suamiku tersayang mendekatiku sambil berkata padaku ’sayang sepertinya selama ini kita sudah melakukan kesalahan, seharusnya membuka kulkas kita menarik pegangannya, selama ini kan kita menarik ujung pintunya, lihatlah sekarang karet tempelan bagian atas pintu sudah mulai kempes!’. Begitulah kira - kira isi kalimatnya.

tau kan maksu suamiku, pintu kulkas itu kan pinggiran bagian dalamnya dilapisi sejenis karet atau plastik yayang fungsinya mengeratkan tempelan antara pintu dan lemari es saat ditutup. Nah di sebelah atas pintu kulkas bagian luar kan ada celah untuk memasukkan jari dan kami biasanya membuka pintu kulkas dengan cara begitu, mengabaikan pegangan pintu atau yang biasa kami sebut gagang pintu padahal dia ada disana menunggu untuk ditarik. Kalau masih belum jelas silahkan lihat kulkas masing - masing di rumah yaaa… :p

Setelah mendengar dan membuktikan sendiri perkataan suamiku, aku berkomitmen untuk mengubah kebiasaanku yang ‘merusak’ itu dengan bersumpahjanji (lebayy) dalam hati akan membuka pintu kulkas dengan cara yang benar, soalnya kan yang paling banyak buka kulkas itu kan pasti aku. Tetapi apakah komitmenku itu benar - benar dapat digenapi dengan lancar? Oolalala tidak sodara - sodara!

Aku ingat selalu merasa berdosa pada kulkas dan tabunganku di detik pertama setiap kali aku baru menarik pintu kulkas, oohhh.. Aku melakukannya lagi, aku lupa menarik gagang pintunya lagi. Ini terjadi berulang - ulang dan kalau tidak salah hampir 3 hari setelah komitmen itu aku masih melakukannya lagi dan lagi. Merasa sangat bersalah setiap kali aku lupa membuka pintu kulkas dengan benar, aku menutupnya lagi dan membukanya kembali dengan cara yang benar.. Meskipun hanya sedikit ini cukup membantuku menghilangkan rasa berdosaku pada kulkas,.. Huhuhu..!

Satu hal yang kudapat dari kejadian ini adalah kenyataan bahwa sangat sulit untuk mengubah kebiasaan yang sudah kita lakukan apalagi kalau itu sesuatu yang kita lakukan setiap hari dalam setiap tahun. Kalau untuk membuka kulkas dengan baik saja butuh terapi berhari - hari bagaimana dengan kebiasaan buruk lainnya? Kebiasaan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia diartikan sebagai sesuatu yang biasa dikerjakan. Artinya ada awal dimana kita memulai mengerjakan sesuatu dan ada pilihan bagi kita untuk melakukannya lagi lagi dan lagi sampai menjadi biasa atau memilih untuk berhenti melakukannya. Hanya ada satu cara untuk tidak terbiasa yaitu berhenti melakukannya!

Adakah yang menyadari anak - anak sekarang sejak mereka bayi sudah disuguhi tontonan acada televisi yang didominasi dengan kekerasan, gosip, sinetron yang penuh dengan pengkhianatan, pemerkosaan, kecurangan dsb? Selain itu mereka seharian memainkan game online perang - perangan, bunuh - bunuhan? Menurut kamu akan jadi seperti apa anak - anak ini nantinya?

Kalau ada orangtua yang bertanya - tanya dalam hatinya kenapa muncunl generasi gengmotor yang bar - bar tanyakan jugalah pada diri sendiri dimana kamu saat anak - anakmu mulai terbiasa dengan semua yang jahat yang disuguhkan padanya. Kita tidak boleh menyepelekan hal - hal kecil ini.

Bagi yang membaca tulisanku hari ini, jika kamu setuju dengan apa yang aku sampaikan mari ikut berkomitmen menghentikan kebiasaan buruk kita dan mulai mengulang - ulang pekerjaan baik kita supaya menjadi sebuah kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan. Dan kalau kamu bertanya - tanya kenapa aku sampai ngelantur ke anak - anak? Itu karena aku merasa anak - anak adalah jiwa yang murni, yang kalau dengan hati - hati kita bisa membantu pembentukan karakternya menjadi orang yang luarbiasa di masa depan dan bukankah masa depan kita ada di tangan mereka?

Mari sekarang bulatkan tekad kita, melakukan hal - hal yang baik dan menjadikannya kebiasaan kita dan cara hidup kita sambil tentu saja mengenyahkan kebiasaan buruk kita dengan mulai menghentikannya. Pastikan masa depan kita indah dengan membangunnya dengan cara hati - hati.:)

#berita baiknya kebiasaanku mengulang membuka pintu kulkas dengan cara yang benar setelah aku entah mengapa masih salah bukanya membuat aku terbiasa membuka kulkas dengan benar. Aku yakin kulkas ini akan awet,,, hehhehhehhe


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post